Kamis, 23 Oktober 2014

Estetika gerak dalam tari Remo Trisnowati



Estetika gerak dalam tari Remo Trisnowati





1.      Motif Gerak




a.       Pembuka




·         Tindak kencak




·         Seblak Tanjak




·         Adeg




·         Gedrug Lombo Rangkep




·         Iket




b.      Kembangan




·         Lawung




·         Ledekan




·         Iket




·         Tindak kencak




·         Tindak lenggang




·         Iket




·         Ayam alas




c.       Kembangan




·         Iket




·         Sabetan




·         Iket




·         Kebyok kepat sampur




·         Selut penthangan ngrawit




·         Nggendewo I




·         Iket




·         Nggendewo II




·         Iket




·         Lawung




·         Ledekan




·         Iket




·         Ukel karno/ Suweng




·         Selut penthangan




·         Ceklek’an




·         Iket




·         Ledekan




·         Selut Penthangan




·         Ceklek’an




·         Iket




·         Tindak kecak




·         Tindak lenggang




·         Ukel cangkah langkah double step




·         Tindak lenggang




d.      Tropongan




·         Iket




·         Ayam alas




·         Iket




·         Sabetan




·         Iket




·         Bumi langit kanan




·         Ledekan




·         Iket




·         Sabetan




·         Iket




·         Bumi langit rangkep




·         Sembahan




·         Tindak lenggang (pulang)




 




2.      Ragam Gerak




Ragam gerak tari Tresnowati antara lain:




 




Tindak Kencak




·         Posisi kaki mendhak seperti duduk




·         Kedua tangan njepit sampur. Tangan kanan berada di depan pusar agak ke depan. Tangan kiri berada lurus ke samping kiri




·         Dimulai dengan langkah kaki kanan (3x8)




Seblak Tanjak




·         Kaki kanan gedrug dibelakan kaki kiri




·         Posisi tangan : Seblak sampur tangan kanan. Tangan kiri miwir sampur di kiri atas tetapi agak masuk




Adeg




·         Tangan kiri miwir sampur di kiri atas agak masuk. Tangan kanan nyemprit ke samping kanan agak ke bawah




·         Posisi kaki : kaki kanan seleh kemudian mendhak seperti duduk




Iket




·         Posisi badan menghadap samping kiri, kemudian hadap depan




·         Posisi tangan : kedua tangan di depan pusar bawah, tangan kanan berada di atas tangan kiri (di ulang-ulang bergantian)




·         Gerakan kaki, melangkah kaki kanan dulu kemudian disusul kaki kiri (menghadap depan)




·         Kembali adeg




Ayam Alas




·         Gerakan tangan kepat + kebyok sampur bergantian tangan kanan-kiri




·         Gerakan kaki berjalan berputar




·         Posisi badan : Mayug + mendhak




Sabetan




·         Posisi badan adeg tanpa membawa sampur




·         Posisi tangan selut,kaki kaknan diangkat (kether)




·         Seblak sampur kanan dan ditangkap tangan kanan dan tangan njimpit sampur




·         Seblak sampur kiri dan ditangkap. Kemudian miwir sampur ke arah kiri atas agak masuk




·         Tngan kanan kebyok-kepat sampur, kemudian di ukel




·         Posisi kaki tetap




·         Kaki kanan turun, bersamaan dengan tangan kanan di depan dada




·         Tanagn kiri di depan tangan kanan agak samping (telapak tangan menghadap ke wajah)




·         Kaki kanan di gedrugkan 3 kali




Selut Penthangan




·         Gerakan tangan : tangan kanan dan kiri bertemu di depan dada, kemudian  tangan kanan di tarik ke atas sebelah kana dan tangan kiri di tarik ke samping kiri agak bawah.




·         Kemudian kedua tangan di temukan lagi di depan, dengan tangan kanan di atas tangan kiri




·         Kedua tangan di ukel jugag kesamping



·         Adeg (mendhak), kepala gedheg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar