Estetika
gerak dalam tari Remo Trisnowati
1. Motif
Gerak
a. Pembuka
·
Tindak kencak
·
Seblak Tanjak
·
Adeg
·
Gedrug Lombo Rangkep
·
Iket
b. Kembangan
·
Lawung
·
Ledekan
·
Iket
·
Tindak kencak
·
Tindak lenggang
·
Iket
·
Ayam alas
c. Kembangan
·
Iket
·
Sabetan
·
Iket
·
Kebyok kepat sampur
·
Selut penthangan ngrawit
·
Nggendewo I
·
Iket
·
Nggendewo II
·
Iket
·
Lawung
·
Ledekan
·
Iket
·
Ukel karno/ Suweng
·
Selut penthangan
·
Ceklek’an
·
Iket
·
Ledekan
·
Selut Penthangan
·
Ceklek’an
·
Iket
·
Tindak kecak
·
Tindak lenggang
·
Ukel cangkah langkah double step
·
Tindak lenggang
d. Tropongan
·
Iket
·
Ayam alas
·
Iket
·
Sabetan
·
Iket
·
Bumi langit kanan
·
Ledekan
·
Iket
·
Sabetan
·
Iket
·
Bumi langit rangkep
·
Sembahan
·
Tindak lenggang (pulang)
2. Ragam
Gerak
Ragam gerak tari Tresnowati antara lain:
Tindak
Kencak
·
Posisi kaki mendhak seperti duduk
·
Kedua tangan njepit sampur. Tangan kanan
berada di depan pusar agak ke depan. Tangan kiri berada lurus ke samping kiri
·
Dimulai dengan langkah kaki kanan (3x8)
Seblak
Tanjak
·
Kaki kanan gedrug dibelakan kaki kiri
·
Posisi tangan : Seblak sampur tangan
kanan. Tangan kiri miwir sampur di kiri atas tetapi agak masuk
Adeg
·
Tangan kiri miwir sampur di kiri atas
agak masuk. Tangan kanan nyemprit ke samping kanan agak ke bawah
·
Posisi kaki : kaki kanan seleh kemudian
mendhak seperti duduk
Iket
·
Posisi badan menghadap samping kiri,
kemudian hadap depan
·
Posisi tangan : kedua tangan di depan
pusar bawah, tangan kanan berada di atas tangan kiri (di ulang-ulang
bergantian)
·
Gerakan kaki, melangkah kaki kanan dulu
kemudian disusul kaki kiri (menghadap depan)
·
Kembali adeg
Ayam
Alas
·
Gerakan tangan kepat + kebyok sampur
bergantian tangan kanan-kiri
·
Gerakan kaki berjalan berputar
·
Posisi badan : Mayug + mendhak
Sabetan
·
Posisi badan adeg tanpa membawa sampur
·
Posisi tangan selut,kaki kaknan diangkat
(kether)
·
Seblak sampur kanan dan ditangkap tangan
kanan dan tangan njimpit sampur
·
Seblak sampur kiri dan ditangkap.
Kemudian miwir sampur ke arah kiri atas agak masuk
·
Tngan kanan kebyok-kepat sampur,
kemudian di ukel
·
Posisi kaki tetap
·
Kaki kanan turun, bersamaan dengan
tangan kanan di depan dada
·
Tanagn kiri di depan tangan kanan agak
samping (telapak tangan menghadap ke wajah)
·
Kaki kanan di gedrugkan 3 kali
Selut
Penthangan
·
Gerakan tangan : tangan kanan dan kiri
bertemu di depan dada, kemudian tangan
kanan di tarik ke atas sebelah kana dan tangan kiri di tarik ke samping kiri
agak bawah.
·
Kemudian kedua tangan di temukan lagi di
depan, dengan tangan kanan di atas tangan kiri
·
Kedua tangan di ukel jugag kesamping
·
Adeg (mendhak), kepala gedheg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar